Selasa, 12 September 2023

Pentingnya Mempelajari Manajemen Keuangan

Mengapa Mempelajari Ilmu Manjamen Keuangan sangat penting?

Mempelajari suatu ilmu Manajemen sangatlah penting mengapa? ,karna dalam suatu perusahaan kita harus paham dalam memahami , mengelola dan mempelajari suatu ilmu tersebut, dengan mempelajari ilmu tersebut kita sendiri pun dapat mengelola keuangan dengan baik dan benar, dan kita juga dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan seimbang. dan kita sendiri dapat menginvestasikannya atau menabung ke Bank, dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

dan dengan mempelajari ilmu tersebut kita sendiri dapat penghemat pengeluaran dan terhindar dari kebosoran yang berlebihan. 

Pada awal artikel ini, kami sudah menggembar-gemborkan bahwa manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan oleh individu, organisasi maupun perusahaan. Tentunya, itu bukan sekedar pernyataan biasa. Manajemen memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita, sehingga peranannya menjadi sangat penting. Menurut website isbf dot org dot uk, ada 8 manfaat manajemen keuangan yang paling utama, dimana manfaat ini bisa dirasakan oleh individu atau organisasi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Membantu Individu dan Organisasi dalam Perencanaan Keuangan dengan Baik.

Setiap individu atau pemegang saham yang menerapkan manajemen keuangan dengan baik, pastinya akan mendapatkan manfaat utama ini. Seperti yang kita ketahui bahwa uang adalah alat tukar yang jika tidak dikelola dengan baik, maka akan membuat susah si pemiliknya. Begitu banyak orang yang mengatakan bahwa menghasilkan uang adalah kegiatan yang tidak mudah, namun untuk menghabiskannya? Wah, air itu cepat sekali habis bagaikan air yang mengalir deras. 
 

2. Membantu Individu dan Organisasi dalam Perolehan Dana.

Dengan memiliki manajemen keuangan yang baik berarti individu atau organisasi dapat melakukan upaya-upaya yang benar untuk bisa memperoleh dana lebih banyak lagi. Terutama dengan memanfaatkan aktiva (aset) yang ada untuk menghasilkan laba bersih yang lebih banyak. 
 

3. Membantu Individu dan Organisasi dalam Memanfaatkan dan Mengalokasikan Dana yang Diterima atau Diperoleh secara Efektif.

Masih banyak para individu yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan semata. Oleh karena itu, setiap orang harus mempelajari dan menerapkan manajemen keuangan yang baik, sehingga dirinya dapat mengalokasikan dana yang diperoleh secara efektif. Hal ini juga berlaku pada organisasi dan perusahaan, yang mana suatu badan harus menggunakan atau mengalokasikan dana yang ada untuk hal-hal penting yang berkaitan dengan kemajuan organisasi atau perusahaan tersebut. 
 

4. Membantu Individu dan Organisasi dalam Membuat Keputusan Keuangan yang Paling Penting. 

Manajemen keuangan dapat membantu individu atau organisasi dalam menentukan hal-hal apa saja yang memang sangat penting atau urgent untuk diutamakan dalam pengalokasian dana. Dengan begitu, kita mampu menentukan mana yang paling penting dan mana yang masih bisa dikesampingkan terlebih dahulu. 
 

5. Membantu Meningkatkan Profitabilitas.

Selain itu, individu atau perusahaan yang menerapkan manajemen keuangan yang baik akan lebih mudah untuk meningkatkan tingkat profitabilitas yang ingin dicapai. Ketika individu atau organisasi dapat mengelola uang (dana) mereka dengan baik, maka mereka dapat memaksimalkan upaya-upaya yang bisa meningkatkan profitabilitas yang diharapkan. 
 

6. Mendorong Diri atau Karyawan untuk Lebih Bijak dalam Perencanaan dan Penggunaan Uang.

Melalui penerapan manajemen keuangan yang baik, setiap individu, karyawan, pemilik perusahaan, bahkan pemegang saham sekalipun akan menjadi lebih bijak dalam merencanakan dan mengalokasikan keuangan yang dimiliki. Mengapa demikian? Karena kita menjadi semakin tahu mana yang bisa dikatakan sebagai prioritas (kebutuhan) dan bagian mana yang masih menjadi suatu keinginan semata. 
 

7. Meningkatkan Nilai Keseluruhan Perusahaan atau Organisasi.

Dalam sisi organisasi dan perusahaan, manajemen keuangan yang diterapkan dengan sangat baik akan membantu meningkatkan nilai keseluruhan dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. 
 

8. Menciptakan Stabilitas Ekonomi.

Terakhir yang tentunya tidak kalah penting adalah manajemen keuangan dapat membantu individu dan organisasi dalam menciptakan ekonomi yang stabil. Jadi, yakin masih ragu bahwa manajemen keuangan sangat penting untuk kehidupan kita?
 
Nah sekarang kita lanjut yuk ke pembahasan selanjutnya yaitu, apa saja kiat yang bisa kita lakukan agar karyawan dapat menerapkan manajemen keuangan yang baik?
 
Ada begitu banyak contoh manajemen keuangan yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah manajemen keuangan yang dimiliki oleh karyawan yang bekerja di dalam organisasi atau perusahaan. Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel ini bahwa setiap orang perlu menerapkan manajemen keuangan yang baik, tidak terkecuali para karyawan. 
 
Sayangnya, penyebab utama dari kurang baiknya manajemen keuangan pada karyawan karena masih minimnya pengetahuan mereka dalam mengelola keuangan yang baik. Dalam hal ini, pemimpin memiliki peranan yang cukup besar agar karyawannya dapat dibimbing menuju kondisi finansial yang stabil dan sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pemimpin atau perusahaan agar para karyawannya terbiasa memiliki manajemen keuangan yang teratur dan tertata dengan baik. 

Seberapa Efektif Penerapan Manajemen Keuangan



Efektif atau tidaknya suatu manajemen keuangan didasarkan pada kualitas pekerja di dalamnya. Jika setiap pekerja memiliki integritas dan attitude yang baik maka penerapannya dalam perusahaan sangat efektif. 


Sebaliknya, penerapan manajemen keuangan akan berantakan ketika orang yang bekerja tidak memiliki tanggung jawab. Setiap orang dalam manajemen keuangan dituntut untuk memiliki wawasan terkait industri perusahaan di mana ia bekerja. Hal ini akan membantu untuk melakukan perencanaan dan alokasi sumber daya yang efektif. 


Bagaimana Sobat LINE Bank? Keberadaan manajemen keuangan dalam perusahaan sangat penting, bukan? Informasi tujuan dan fungsi manajemen keuangan di atas menunjukkan pada kita bahwa keberadaannya menjadi pilar krusial dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika memiliki perusahaan adalah impian Sobat LINE Bank maka persiapan harus dilakukan dari sekarang. Kamu bisa memulainya dari langkah yang kecil, yaitu dengan memisahkan setiap pengeluaran ke dalam rekening berbeda. 


Kamu bisa menggunakan fitur multi rekening dari LINE Bank. Pembuatan pos-pos pengeluaran ini pasti akan memudahkan kamu mengatur keuangan yang ada. Kamu bahkan bisa membuat 8 rekening berbeda hanya dalam satu akun. Kini kamu tidak perlu takut kebablasan saat mengeluarkan uang untuk liburan atau healing. Dana darurat dan tabungan tetap aman, kamu pun bisa bersenang-senang.


Previous Post
Next Post

0 komentar: